Friday, March 7, 2008

Babad Tanah Rowobayan


Gambar Masjid Rowobayan

Dukuh Rowobayan terletak sebelah barat dukuh Slumbung, dinamakan Rowobayan karena dahulu berwujud rowo/rawa (dataran rendah yang selalu terisi air) penuh dengan sarang nyamuk, binatang melata seperti ular, biawak, dan sejenis lainnya yang cukup berbahaya terutama lintah , disamping angker. Rawa tersebut diistilahkan Jalma mara jalma mati / sapa mara mesti mati (siapa datang pasti mati). Dan mbah Kyai Ahmad Rowobayan, salah satu dari keturunan mbah Sabil cancut tali-wanda, dengan mengucapkan Bismillahirroh maanirrokhim beliau membuka tanah rawa tersebut. Ini dilakukan pada usia yang sudah cukup senja yaitu 54 tahun. Sebagian besar dibuat sawah dan lainnya untuk perumahan dan pesantren, yang akhirnya berkembang menjadi Pondok Pesantren Terekat Naqsyabandiyah yang cukup terkenal, dan beliau sendiri sebagai mursyidnya.

Asal mula mbah Kyai Ahmad membuka tanah Rowobayan ada cerita tersendiri mengenai hal ini. Pada tahun 1880 Kanjeng RM. Tumenggung Tirta Nata (Bupati Bojonegoro periode 1878-1888) bersilaturahmi ke tempat mbah Kyai Ahmad, yang waktu itu masih di tempat lama yaitu di Kuncen bagian utara dekat dengan tepi Bengawan Solo. Ndoro Kanjeng dawuh : “Daripada rumah Kyai dimakan jurang/longsor, bilamana Kyai berani dan bersedia menempati tanah rawa di selatan desa ini, saya hadiahkan kepada Kyai selamanya”. Akhirnya tawaran tersebut diterima oleh mbah Kyai Ahmad.

Mbah Kyai Ahmad dilahirkan di Kuncen Padangan pada Kamis Kliwon tanggal 5 Robiul Awal 1247 H/1831 M, seperti yang diterangkan dalam catatan harian beliau yang ditulis dengan huruf arab pego berbahasa campuran Arab dan Jawa, menyebutkan bahwa KH. Ahmad lahir pada tahun 1247 H. “Hijratun Nabi Sallallahu ‘alaihi Wasallam sanah bak, 1247, Syahru ar-Rabi’al Awwal, tanggal kaping gangsal dinten Khamis Kaliwon, dhahiripun Khajji Ahmad ibn Munada, umur 47 ngagem tismak”, artinya “Tahun 1247 H, tahun Bak, bulan Rabiul Awal, tanggal 5, hari Kamis Kliwon, lahirlah Haji Ahmad bin Munada, ketika umur 47 memakai kaca mata”.

Pada buku edisi sosialisasi yang lalu disebutkan, tahun tersebut sama dengan tahun 1826 M, ternyata sesuai dengan penelitian Bapak Ali Mufrodi salah satu staff pengajar di IAIN Sunan Ampel Surabaya, tahun tersebut bertepatan dengan tahun 1831, karena 1 Muharram 1247 jatuh pada tanggal 12 Juni 1831. Sedangkan beliau lahir pada bulan Rabiul Awal, sehingga lahirnya sekitar tanggal 15 Agustus 1831, dengan perhitungan bahwa dari 1 Muharram ke 5 Rabiul Awal adalah 30+29+5 hari = 64 hari. Atau bulan Juni (30 hari – 12 hari = 18 hari) ditambah Juli 31 hari dan Agustus 15 hari sama dengan 64 hari. Bulan Juni adalah 30 hari dan Juli ialah 31 hari, sedang 30 hari adalah bulan Muharram dan 29 hari adalah bulan Safar, atau sebaliknya, karena umur satu bulan Qomariyah (lunar system) kadangkala 29 atau 30 hari.

Menurut mbah Kyai Abdurrahman Rowobayan – salah satu guru/mursyid Tarekat Naqsyabandiyah yang sekali gus cucu mbah Kyai Ahmad - bahwa lahirnya mbah Kyai Ahmad bersamaan dengan berdirinya Masjid Padangan DARUL MUTTAQIN. Ayah mbah Kyai Ahmad bernama Kyai Munada yang berasal dari Dusun Pendaratan, Kecamatan Prembun, Kabupaten Kebumen, tanah Bagelen. Kyai Munada adalah salah satu prajurit Pangeran diponegoro yang dikejar-kejar oleh Kompeni Belanda, yang melarikan diri hingga tiba ditanah Padangan. Hal ini terjadi sekitar tahun 1825 M. Kyai Munada datang ke Padangan bersama 2 orang temannya, yaitu :
• Jokoriyo ( Zakariya ).
• Nur Salim.

Selama di Padangan, Kyai Munada rupanya tidak hanya “mampir” untuk bersembunyi dari kejaran serdadu Belanda, tetapi beliau juga membina kehidupan rumah tangga, dan menikah dengan putri Kyai Nursadin ( ibunya mbah Kyai Ahmad ), salah satu putra wayah keturunan dari mbah Sabil. Hingga akhir hayatnya, Kyai Munada masih menetap di Kuncen-Padangan. Beliau dimakamkan di pemakaman umum Rowobayan, tempatnya berada disebelah selatan makam mbah Jabbar.

Gambar Makam Mbah Kyai Munada di Pemakaman Rowobayan

Sedangkan teman Kyai Munada yaitu Jokoriyo (Zakariya) menikah dengan gadis asal Brangkal, Batokan, Kecamatan Kasiman. Yang pada akhirnya mempunyai putra bernama Fatawi (Mbah Kyai Fatawi Ngroto). Teman satunya yaitu Nur Salim mendapatkan jodoh dari Ngujung, Kecamatan Malo (Celangap ke utara-nyeberang Bengawan Solo). Hingga akhir hayatnya beliau masih menetap di Ngujung dan dimakamkan disana.

Salah satu riwayat menyebutkan bahwa pada zaman perjuangan kemerdekaan Indonesia, salah satu pahlawan yaitu Pangeran Diponegoro memiliki pasukan yang bermarkas di Desa Ngasinan, Kecamatan Padangan, Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur. Pasukan tersebut dipimpin oleh seorang panglima perang bernama Tanggono Puro dengan seorang penasehat bernama Kyai Kasan Wirodikromo. Kyai Kasan sendiri mempunyai nama asli Sayyid Abu Bakar Alaydrus. Pasukan tersebut berhasil melakukan tugasnya yaitu memutus jalur hubungan Belanda Jawa Tengah dan Jawa Timur dari daerah Lasem hingga Pacitan walaupun hanya dalam waktu 3 hari. Oleh Pangeran Diponegoro pasukan itu diberi gelar “MALANG NEGORO”. Walaupun hanya 3 hari, tapi momen tersebut menunjukkan eksistensi perjuangan rakyat Indonesia pada umumnya dan perjuangan Pangeran Diponegoro pada khususnya. Sedangkan Tanggono Puro dan Kyai Kasan dimakamkan di Desa Ngasinan, Kecamatan Padangan. Hingga saat ini masyarakat setempat menjuluki Tanggono Puro sebagai Mbah Malang Negoro.

Gambar Makam Kyai Kasan atau Sayyid Abu Bakar Alaydrus di Pemakaman Ngasinan


Gambar Makam Tanggono Puro yang berdekatan dengan makam Kyai Kasan

Ahmad kecil dibesarkan dalam sebuah keluarga yang bersahaja, kedua orang tuanya seperti kebanyakan rakyat terjajah, namun kedua orang tuanya berkeyakinan mampu mengantarkan putranya menjadi orang ahli dalam ilmu agama. Sebagai seorang ayah, tentunya Kyai Munada menginginkan anaknya menjadi seorang pemimpin, berilmu, punya wawasan, tangguh dan banyak integritas (jujur dan dapat dipercaya) baik kepada agama maupun bangsanya.

Ahmad kecil belajar mengaji pada orang tuanya, dan berkelana mencari ilmu agama Islam ke Pesantren Langitan, Widang, Kabupaten Tuban. Pada masa tersebut Langitan adalah salah satu pesantren yang terkenal dengan ilmu alat-nya (Bahasa Arab), sehingga dapat dimaklumi bahwa pemuda Ahmad juga mahir dalam ilmu ini. Banyaknya buku yang dipunyai Ahmad dalam bahasa Arab yang membuktikan akan hal itu. Setelah petualangan pemuda Ahmad dalam menuntut ilmu di Langitan dirasa cukup, ia melanjutkan nyantri di salah satu pesantren asuhan mbah Kyai Sholeh Darat Semarang.

Sedikit ulasan tentang Kyai Sholeh Darat. Nama aslinya adalah Muhammad Shalih bin Umara al-Shamarani yang lebih dikenal dengan sebutan Kyai Shaleh Darat, adalah seorang ulama besar pada zamannya. Ketinggian ilmunya tidak hanya bisa dilihat dari karya-karya monumental dan keberhasilan murid-muridnya menjadi ulama-ulama besar di Jawa, tetapi juga bisa dilihat dari pengakuan penguasa Mekkah saat ia bermukim disana. Ia dinobatkan menjadi salah seorang pengajar di Tanah Suci tersebut. Selain itu, ia adalah seorang ulama yang sangat memperhatikan orang-orang Islam awam dalam bidang agama. Ia menulis ilmu Fiqih, aqidah, tasawuf, akhlak dengan bahasa yang mudah dipahami orang awam, yakni dengan bahasa Jawa.

Ayahnya Kyai Umar merupakan salah seorang pejuang dan orang kepercayaan Pangeran Diponegoro di Jawa bagian utara, Semarang, disamping Kyai Syada’ dan Kyai Murtadha Semarang. Kyai Shalih darat dilahirkan di Desa Kedung Cumpleng, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, sekitar tahun 1820 M. Sedangkan informasi lainnya menyatakan bahwa Kyai Shalih Darat dilahirkan di Bangsri, Jepara. Ia wafat di Semarang pada 28 Ramadhan 1321 H/18 desember 1903 M. Ia disebut Kyai Shalih Darat karena Ia tinggal di kawasan yang bernama Darat, yaitu suatu daerah di pantai utara Semarang, tempat mendarat orang-orang dari luar Jawa. Kini daerah tersebut masuk wilayah Semarang Barat

Mbah Kyai Ahmad juga termasuk alim dalam ilmu Tasawuf. Ilmu yang terakhir ini didapat dari mbah Kyai Sholeh Kasuman Pati, sedangkan mbah Kyai Sholeh Kasuman Pati dari Syech Utsman Fauzi bin Yusuf Jabal Qubais. Belakangan setelah naik haji, Kyai Ahmad berbai’at langsung kepada Syech Ustman Fauzi bin Yusuf Jabal Qubais. Setelah dianggap mumpuni , Kyai Sholeh Kasuman Pati memberikan izin kepada Kyai Ahmad sebagai mursyid Tarekat di Rowobayan.
Sebagai tanda menjadi mursyid, mbah Kyai Sholeh Kasuman Pati memberikan “hadiah” berupa dua buah kitab Tarekat, yaitu:
 Hablul Matin (Tampar sing kuat – tali yang kuat).
 Risalatul Ajibah (Lembaran sing nggawokna - lembaran yang mengagumkan).
Kedua kitab tersebut masih tersimpan rapi hingga kini. Setelah mendapat “perkenan” dari gurunya, akhirnya beliau mendirikan pesantren Tarekat Naqsyabandiyah di Rowobayan. Perkenan atau barokah, merupakan salah satu tata nilai yang hidup di pesantren, berkah dari guru berarti kedamaian bagi murid, dan nilai-nilai seperti itu terkadang berlaku secara simbolik. (Tentang Tarekat Naqsyabandiyah dibahas di bab lain)

No comments: